Skripsi R&D



PENGEMBANGAN SELF INSTRUCTIONAL MODULE PADA INTEGRATED SCIENCE INSTRUCTION BERBASIS PENDEKATAN STM UNTUK MERINTIS OUTDOOR LEARNING SYSTEM DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA SMP

Oleh:
Muhammad Izzatul Faqih
NIM. 09312244025
Abstrak

              Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemandirian siswa dalam proses pembelajaran IPA. Oleh karena itu, penelitian ini berupaya bagaimana meningkatkan kemandirian siswa dalam pembelajaran. Salah satu upaya itu adalah dengan menghasilkan modul IPA Terpadu berkarakteristik self-instructional yang dibelajarkan secara outdoor learning system berbasis pendekatan STM yang valid untuk meningkatkan kemandirian siswa, yang menjadi tujuan penelitian ini.
              Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengadaptasi strategi Borg&Gall melalui lima tahap yaitu (1) Penelitian dan Pengumpulan Informasi, meliputi: analisis kurikulum, tema, dan karakter siswa; (2) Perencanaan, meliputi: pemilihan format dan desain modul; (3) Pengembangan dan Penilaian Produk, meliputi: penyusunan modul, penilaian modul, dan penyempurnaan produk awal (revisi I); (4) Uji Coba Produk, meliputi: penilaian keefektifan modul dan respon siswa terhadap modul; dan (5) Penyempurnaan Produk Hasil Uji Coba sesuai dengan respon siswa terhadap modul. Penelitian ini melibatkan beberapa reviewer, yaitu dua orang ahli, satu guru IPA, serta 28 siswa SMP kelas VIII E SMP N 2 Piyungan sebagai pemberi respon terhadap modul. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket skala Likert untuk mengetahui kualitas modul yang dikembangkan, kemandirian belajar siswa dan respon siswa terhadap modul. Selain itu juga digunakan lembar observasi untuk mengetahui kemandirian belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif yaitu berupa uraian saran dan skor penilaian dari semua reviewer pada tiap aspek penilaian modul dan data peningkatan kemandirian belajar siswa yang berupa rerata persentase kemandirian sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan modul.
              Hasil penelitian ini adalah modul  IPA Terpadu berkarakteristik self-instructional dengan tema “Blacksmithing (pandai besi). Modul ini dinilai valid secara keseluruhan dari aspek kelayakan isi, bahasa dan gambar, penyajian, serta kegrafisan. Selain itu, modul ini valid untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Hal ini dapat diketahui dari rerata persentase peningkatan kemandirian belajar siswa melalui angket yaitu sebesar 2,70%, sedangkan melalui obeservasi yaitu sebesar 16,40 %. Keunggulan modul ini, antara lain: siswa dapat mempelajari konsep IPA secara Terpadu yang ada pada pandai besi dan mampu menjaga serta menghargai kearifan lokal secara bersamaan, terdapat self-assesement dan refleksi yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan penilaian diri dalam rangka belajar mandiri. Terdapat bagian di dalam modul yang memberikan kesempatan pada siswa untuk belajar di luar ruangan (outdoor learning system).

Kata kunci: Self-instructional, Module, Pembelajaran IPA, Outdoor learning system  Kemandirian Siswa, STM.




PENGEMBANGAN SELF INSTRUCTIONAL MODULE PADA INTEGRATED SCIENCE INSTRUCTION BERBASIS PENDEKATAN STM UNTUK MERINTIS OUTDOOR LEARNING SYSTEM DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA SMP

Oleh:
Muhammad Izzatul Faqih
NIM. 09312244025
Abstract

              The background of this research is the least of student’s self-instruction. So, this research aims how to develop the student’s self-instruction. Each of that is produce Integrated Science module with characterized of self-instructional in study of outdoor learning system based STS approach to improve student self-instruction.
              This study uses Research and Development (R & D) are adapting from Borg & Gall. Research development includes five stages: (1) Research and Collection of Information, include: analysis of the curriculum, theme, and the character of the students, (2) Planning, including: the selection of the format and design of the module, (3) Development and Assessment Product, including : preparation of the module, the module assessment, and improvement of the initial product (revision I), (4) Product Testing, include: assessment of the effectiveness of the modules and the students 'response to the module, and (5) Product Improvement Test results in accordance with students' response to the module. The study involved several reviewers, the two experts and one science teacher along with 28 of junior high school students of grade VIIIE SMP N 2 Piyungan that give a respons for the module. The instrument used in this study were Likert scale questionnaire to determine the quality of the modules developed, students 'independent study and students' response to the module. It is also used to determine the independent student learning by the observation sheet. The technique of data analysis is descriptive analysis techniques in the form of descriptions and suggestions of all reviewers assessment scores for each aspect of assessment and the students that give a respons for the module along with data modules increase student independence in the form of the mean percentage of independence before and after learning to use the module.
              The results of this research are Integrated scence modules characterized by the theme of self-instructional "Blacksmithing" (pandai besi). The module was rated valid overall feasibility aspects of the content, language and image around, presentation, as well as graphic. In addition, this module is valid to improve student self-instruction. It can be seen from the average percentage increase student’s self-instruction before and after learning to use the module through a questionnaire that is equal to 2.70%, while through observation that is equal to 16.40%. The advantages of this module include: students can learn the concept of the Integrated Science for blacksmiths and able to maintain and respect for local knowledge at the same time, there is a self-assesement and reflections that give students the chance to undertake a self-assessment in order to learn to be independent. There is a section in the module that provides the opportunity for students to learn outside (outdoor learning system).

Keywords: Self-instructional, Module, Integrated Science, Outdoor Learning System Student’s self-instruction, STS.

0 Response to "Skripsi R&D"